Winter is Coming Diceritakan Jokowi

Pidato menarik Presiden Jokowi terkait keadaan dunia dalam pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali beberapa waktu yang lalu menyisakan banyak hal yang unik. Salah satunya adalah slogan Games of Thrones yang sangat terkenal yakni Winter is Coming. Dalam artian singkat, IMF harus diperkuat sumber dayanya untuk membantu berbagai negara di dunia yang terus mengalami tekanan akibat ketidaksimbangan ekonomi global.

Winter is Coming
Winter is Coming
Untuk memperbaiki dan meminimalisir setiap risiko yang datang, negara berkembang diharapkan meningkatkan iurannya. Sebab, negara berkembang paling rentan mengalami tekanan khususnya dalam bentuk capital outflow, jika terjadi krisis. Adapun iuran ini disebut dengan fasilitas Special Drawing Rights (SDR) dari IMF yang bisa dipakai dalam kondisi darurat untuk memperkuat cadangan devisa. Meski tak dipakai, SDR ini tercatat sebagai kewajiban bank sentral kepada pihak non-penduduk.

Kondisi ekonomi dunia yang sedang bergejolak ini juga menjadi ancaman yang serius bagi seluruh negara berkembang seperti Indonesia khususnya. Oleh karena itu istilah Winter is Coming ini benar-benar sangat tepat untuk menggambarkan keadaan dunia yang memang butuh untuk diperbaiki secepatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun