Tarik Ulur Impor Beras Indonesia

Impor Beras Indonesia menjadi salah satu yang paling banyak diperbicangkan saat ini. Meskipun dari produktivitas dalam negeri meningkat, namun kebutuhan beras di Indonesia sangat besar sehingga untuk memenuhi kebutuhan yang tak tercover oleh produk dalam negeri maka membutuhkan banyak keran impor. Sebanyak dua juta ton telah dialirkan dalam tahun ini, hal ini membuat Indonesia mengalami lonjakan yang sangat besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk urusan impor beras.

Impor Beras Indonesia
Impor Beras Indonesia
Sepanjang tahun ini saja, impor beras mencapai 736 ribu ton meningkat 91,84% dari triwulan sebelumnya dan juga melonjak 765% dibanding triwulan yang sama tahun lalu. Hal ini diperkuat dengan berbagai konflik seputar kebijakan impor beras yang menjadi tarik ulur di pihak pemerintah itu sendiri. BPS menyebutkan bahwa impor beras hingga semester I 2018 telah mencapai 1,12 juta ton yang berarti melonjak 755% dibanding semester I 2017. Demikian pula nilai impor beras dalam enam bulan pertama tahun ini melonjak lebih dari 1600% menjadi US$ 524,3 juta.

Apakah nilai impor beras ini terlalu tinggi? Tentu saja sisi positif dan negatifnya akan selalu ada. Namun bagaimanapun juga, impor beras ini akan menjadi salah satu yang menarik untuk dikelola di tahun depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun