Memanfaatkan Energi Panas Bumi

Energi Panas Bumi merupakan salah satu yang sedang dikembangkan di Indonesia. Energi ini memiliki banyak keuntungan karena bisa diperbaharui meskipun biaya pengembangannya tidak murah. Salah satu upaya pemerintah dalam mencari dan memperbaiki sumber-sumbernya yakni dengan mencari permodalan untuk mengembangkan potensi PLTP ini. Salah satunya adalah lembaga keuangan asal Jerman, yang siap menyuntikan dana sebanyak jutaan Euro.

Panas Bumi
Panas Bumi
Dengan pendanaan ini, harapannya bisa meningkatkan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Apalagi, pemerintah memiliki target penggunaan energi baru terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Pengembangan proyek ini merupakan salah satu dari target pemerintah dalam memaksimalkan potensi setiap sumber daya yang ada terutama energi dari yang bisa dikembangkan.

Sebelumnya, PLN meminta penugasan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mengelola 14 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) di Indonesia. Tujuannya agar PLN bisa mengelola energi panas bumi dari hulu hingga hilir dan diintegrasikan dengan pembangkit listriknya. Semoga dengan makin banyaknya kerjasama dan permodalan ini, kebutuhan akan energi panas bumi bisa dapat segera terealisasikan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun