Cadangan Batu Bara Cukup Untuk Beberapa Tahun

Cadangan Batu Bara di Indonesia menjadi sesuatu yang perlu untuk terus dievaluasi, hal ini karena kebutuhan akan batu bara yang tak pernah bisa hilang meskipun beragam energi alternatif telah diberikan oleh pemerintah. Dari sejumlah data, cadangan batu bara nasional diperkirakan akan habis pada tahun 2096. Hasil perhitungan ini merupakan simulasi dari kementerian ESDM yang memiliki asumsi cadangan saat ini yang mencapai 32.8 miliar ton dan tiap tahunnya angka produksinya mencapai 400 juta ton.

Cadangan Batu Bara
Cadangan Batu Bara
Hingga 2019 mendatang, pemerintah mengasumsikan kenaikan permintaan dalam negeri akan bisa tercukupi dengan jumlah produksi sebesar 240 juta per tahun. Dengan perhitungan tersebut, maka tanpa adanya penambahan cadangan batu bara diperkirakan akan habis dalam waktu 81 tahun.

Dengan cadangan yang semakin tipis, akankah pemerintah mampu menemukan cadangan baru di wilayah yang lain? Indonesia memiliki beragam wilayah yang belum sepenuhnya tereksplore, sehingga kesempatan untuk menemukan beragam sumber baru masih sangat memungkinkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun