Pemangkasan Biaya Blok Masela Mungkin Terjadi

Proyek Blok Masela memiliki sejumlah tantangan yang luar biasa dari mulai awalnya penentuan siapa yang memenangi tendernya hingga pada saat proses perkembangannya hingga saat ini. Blok Ini menggunakan anggaran yang tidak sedikit, oleh karena itu bisa dikatakan jika Biaya Blok Masela merupakan yang tersbesar sehingga perlu untuk ditinjau dari sisi ekonominya. Pre-FEED Blok Masela mulai dikerjakan Inpex pada Maret 2018 lalu. Setelah pre-FEED disetujui, Inpex akan mengajukan revisi PoD. Inpex berencana mengajukan revisi PoD pada November mendatang.

Biaya Blok Masela
Biaya Blok Masela
SKK Migas akan memberikan persetujuan PoD tersebut paling lambat dua bulan setelah pengajuan. Dengan begitu, harapannya produksi Blok Masela bisa lebih cepat. Jika dibandingkan dengan biaya sebelumnya, maka biaya pengembangan blok Masela sebesar US$ 16 miliar itu lebih tinggi daripada perkiraan awal. Tahun 2016 lalu, Luhut  mengatakan biaya Masela ditekan dari US$ 22 miliar ke US$ 15 miliar.

Akankah besaran biaya blok masela kembali bisa ditekan? Jika memang iya, ini adalah sebuah langkah cerdas yang semestinya dilakukan oleh pemerintah sejak awal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun