Pentingnya Menaikkan Bunga Kredit

Bunga Kredit menjadi salah satu hal yang mulai diperhatikan benar oleh perbankan ditengah ketidakpastian perekonomian global dan makin melemahnya mata uang rupiah. Setidaknya sinyal ini sudah dirasakan oleh Bank BCA dimana saat ini mereka sangat berhati-hati dalam mengerek suku bunganya dan harus merelakan marginnya tergerus demi pertumbuhan kredit yang lebih baik.

Bunga Kredit
Bunga Kredit
Saat ini, untuk KPR dan kredit kendaraan bermotor, BCA menetapkan kenaikan masing-masing 70 bps dan 50 bps pada Agustus ini. Sedangkan kenaikan bunga deposito masih akan berlanjut sebesar 25 bps lagi pada September mendatang. Jadi, kenaikan bunga kredit BCA bakal berkisar 25 hingga 70 bps sedangkan bunga deposito naik lebih tinggi yakni 125 bps atau sebesar kenaikan bunga acuan BI. Kondisi tersebut tentunya menggerus margin bunga. Per Juni lalu, margin bunga bersih BCA sebesar 6%, lebih rendah dari periode sama tahun lalu yang mencapai 6,3% atau akhir tahun lalu yang sebesar 6,19%.

Bunga kredit ini diharapkan akan tetap membuat pertumbuhan laba bank BCA tidak makin menurun dan berharap banyak pada peningkatan ekonomi nasional sehingga akan berdampak pada perbaikan daya beli masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun