Target Program Peremajaan Sawit

Peremajaan Sawit masih jauh dari target yang diharapkan oleh pemerintah. Kementan menyatakan telah mengeluarkan rekomendasi teknis untuk program peremajaan sawit rakyat sebanyak 42.950 hektare hingga Oktober 2018. Capaian tersebut relatif rendah atau hanya memenuhi sekitar 23,2%  dari target program peremajaan sawit tahun ini sebesar 185 ribu hektare.

Peremajaan Sawit
Peremajaan Sawit
pendanaan juga menjadi salah satu persoalan yang menyebabkan banyak petani sawit rakyat enggan mengikuti program ini. Alhasil, Kementerian Pertanian baru menyerahkan rekomendasi teknis untuk permintaan pembayaran pada BPDP Kelapa Sawit pada bulan September lalu. Alokasi pendanaan program peremajaan sebesar Rp 25 juta per hektar pun disebut kurang menarik bagi petani sawit. Apalagi kalau kepastian pembayaran program peremajaan sawit  juga tak memiliki jelasan dengan prosedur pencairan dana yang berbelit.

Apapun yang menjadi penghalang terkait program ini, semoga saja dapat terselesaikan dengan cepat. Karena kita ingin melihat sawit dikelola dengan baik dan benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun