Kontribusi Konsumsi Rumah Tangga untuk Ekonomi

Konsumsi Rumah Tangga selama ini memiliki peran yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional, data pada triluwan III 2018 menyebutkan bahwa saat ini pertumbuhannya adalah 5,01% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Konsumsi Rumah Tangga
Konsumsi Rumah Tangga
BPS Mencatat PDB konsumsi rumah tangga pada TW III 2018 atas dasar harga dasar konstan sebesar Rp 1.440,84 triliun atau sekitar 53,68% dari total PDB nasional senilai Rp 2.684,19 triliun. Pengeluaran masyarakat terbesar untuk makanan dan minuman (diluar restoran), yakni mencapai Rp 528,59 triliun atau sebesar 36,69% dari total konsumsi rumah tangga. Kemudian diikuti untuk transportasi  dan komunikasi sebesar Rp 361,9 triliun atau 25,12% dari total.

Jika kita melihat dari tabel grafik, konsumsi rumah tangga ini cenderung stabil dan tidak terpengaruh oleh banyaknya pengaruh lain selama hampir 8 tahun lamanya. Selama 8 tahun berlalu, konsumsi rumah selalu menyumbangkan angka yang cukup tinggi yakni diatas 5%. Dan semoga ini terus berlanjut bahkan dengan angka yang lebih tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun