Industri Perbankan Nasional Harus Bangkit

Industri Perbankan dinilai sebagai salah satu industri yang paling banyak menerima tantangan selama tahun 2018 ini. Hal itu semakin rumit karena proses digitalisasi perbankan tak berjalan secepat yang diinginkan. Ada begitu banyak tantangan yang menghambat industri untuk berkembang mengikuti perkembangan era fintech yang saat ini sangat populer.

Industri Perbankan
Industri Perbankan
Dari sisi internal, industri perbankan harus harus membangun tim yang memiliki kemampuan dan kecepatan beradaptasi di tengah era digitalisasi. Di sisi lain, perbankan harus tetap menjaga aspek-aspek risiko operasional, risiko manajemen, juga keamanan. Sementara itu, industri tekfin bisa bereksperimen dengan lebih jauh dan lebih bebas. Salah satu cara adaptasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dengan membentuk anak perusahaan yang bergerak di bidang modal ventura yang bisa melakukan penyertaan modal di industri tekfin.

Apa yang harus dilakukan oleh industri perbankan agar secepatnya bisa keluar dari momen sulit ini? Akankah percepatan bisnis bisa dilakukan di industri ini dengan berbagai evaluasi dan peningkatan kualitas baik dari sisi SDM maupun fasilitas? Tentu saja kita harapkan demikian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun