Data Investasi Asing Terlihat Menurun

Salah satu wacana yang paling banyak dibahas akhir-akhir ini adalah terjadinya penurunan Investasi Asing yang datang ke Indonesia. Tentu hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja Indonesia sebagai salah satu negara yang paling ramah dengan iklim investasi dunia. Dalam catatan tahun ini, iklim investasi asing belum sepenuhnya berkembang ke arah yang semestinya. Bahkan untuk peringkat kemudahan berbisnis saja kita masih kalah jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan asia tenggara.

Investasi Asing Turun
Investasi Asing Turun
BKPM mencatat realisasi investasi asing pada kuartal III-2018 hanya Rp 89,1 triliun. Nilai ini anjlok 20,2% dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 111,7 triliun. Berbanding terbalik, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) justru melesat naik 30,5% menjadi Rp 84,7 triliun. Di sisi lain, Bank Dunia menurunkan ranking kemudahan investasi atau ease of doing business (EoDB) Indonesia dari peringkat 73 menjadi 72 dari total 190 negara.

Penurunan ini merupakan cambuk bagi pemerintah ditengah target yang dibebankan yang cukup tinggi. Hal ini akan membuat pemerintah perlu untuk berfikir lebih banyak untuk merealisasikan berbagai macam kekurangan yang sebelumnya tak sempat diterapkan oada tahun ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun