Lika Liku Kilang Situbondo

Pembangunan Kilang Situbondo menjadi salah satu target dari pemerintah yang dalam hal ini adalah kementerian energi yakni ESDM. Pembangunan kilang minyak yang berada di kawasan jawa ini diharapkan akan menambah kemampuan produksi dalam negeri dalam menciptakan dan menghasilkan minyak dengan skala yang lebih besar mengingat kebutuhan dalam negeri yang terus naik. Dengan makin tingginya produksi, itu berarti impor bisa ditekan dengan baik.

Kilang Situbondo
Kilang Situbondo
Risiko pembangunan kilang minyak di Situbondo adalah lokasinya berdekatan dengan gunung api yang masih aktif, yakni Ijen. Untuk memastikan ini, Pertamina menggandeng Badan Geologi. Badan Geologi akan mengkaji apakah lokasi itu memang berdekatan dengan Gunung Ijen atau tidak. Awalnya, Pertamina ingin membangun kilang minyak di Tuban, Jawa Timur. Namun, mitra Pertamina dalam membangun kilang minyak itu, yakni Rosneft keberatan dengan skema bagi hasil dan penyerahan aset pada akhir masa pakai tersebut.

Ada banyak keraguan dan pertimbangan tentang lokasi pembangunan kilang ini. Namun satu hal yang pasti, aspek keamanan haruslah menjadi yang utama serta lingkungan juga harus bisa tertangani dalam hal ini adalah limbah yang mungkin bisa merusak lingkungan tempat dibangunnya kilang baru tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun