Penerimaan Pajak Tunjukan Data Positif

Penerimaan Pajak tahun ini bagaimana statusnya? Ini adalah rasa keingintahuan dari kita sebagai warga Indonesia yang benar-benar ingin mengetahui secara pasti bagaimana realisasi pajak berjalan tahun ini. Menurut catatan Ditjen Pajak, hingga Oktober 2018 capaian realisasi pajak sudah mencapai angka 71.32% dengan nilai mencapai Rp 1.015 triliun. Atau masih ada gap sekitar 400 triliun dari target yang dicanangkan oleh pemerintah.

Penerimaan Pajak
Penerimaan Pajak
Secara rinci, penerimaan pajak penghasilan (PPh) non-migas mencapai Rp 539,2 triliun atau 66% dari target dalam APBN. Penerimaan tersebut tumbuh 16,97% (yoy). Bila tanpa memerhitungkan perolehan dari tebusan amnesti pajak tahun lalu yang masuk kategori PPh nonmigas, maka pertumbuhannya mencapai 20,1% (yoy). Kemudian, pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mencapai Rp 404,54 triliun atau 74,67% dari target dalam APBN. Capaian tersebut tumbuh 14,51% (yoy).

Masih ada dua bulan tersisa untuk membuat realisasi ini digenjot agar semua target yang dibebankan dapat tercapai. Dengan dua bulan sisa ini, rasanya cukup optimis jika penerimaan tahun ini akan mencapai realisasi yang cukup baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun