Defisit Transaksi Berjalan Indonesia Lebih Tinggi dari Negara Tetangga

Defisit Transaksi Berjalan yang terjadi beberapa bulan terakhir ini cukup membuat kita perlu sedikit khawatir karena akan mengganggu stabilitas anggaran di pemerintahan. Indonesia tercatat sebagai negara dnegan defisit tertinggi dengan poin -8,02 diatas Filipina yang mencatatkan -2,8. Sementara negara tetangga lain sperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan Singapura mencatatkan angka yang positif.

Defisit Transaksi Berjalan
Defisit Transaksi Berjalan
Menurut laporan neraca pembayaran Bank Indonesia, ada tiga sektor dengan defisit transaksi terbesar. Pertama, pendapatan investasi yang mencatatkan defisit sebesar US$ 7,8 miliar. Kedua, sektor migas terutama minyak yang membukukan defisit sebesar US$ 4,4 miliar. Adapun defisit transaksi jasa, khususnya pada sektor transportasi mencapai US$ 1,9 miliar. Defisit tersebut dipicu dari jasa pengiriman barang melalui armada pelayaran asing dan transportasi penumpang melalui maskapai penerbangan asing.

Mampukah Indonesia membalikan keadaan dengan membuat lompatan untuk mengurangi angka defisit yang lumayan tinggi ini? Tentunya kita semua berharap demikian, karena akan sangat membanggakan jika semua anggaran kita tidak defisit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun