Sektor Logistik Akan Jadi Penopang Ekonomi

Pergerakan ekonomi di Sektor Logistik masih belum sepenuhnya pulih. Industri ini memiliki sejumlah permasalahan dan seharusnya bisa segera berbenah. Dalam data yang dicatatkan oleh BPS, pada triwulan III 2018 menurut PDB mencapai Rp 33,44 triliun. Adapun secara kumulatif tahun 2018 ini sudah mencapai 97 triliun atau lebih tinggi 10 triliun dibandingkan dengan data yang ada di tahun sebelumnya.

Sektor Logistik
Sektor Logistik
Sementara atas dasar harga konstan PDB sektor logistik  pada triwulan ketiga tahun ini sebesar Rp 17,87 triliun tumbuh 3,96% dari triwulan sebelumnya (Q to Q) dan juga tumbuh 5,57% dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya (YoY). Sementara secara kumulatif periode TW I-TW III 2018 mencapai Rp 51,57 triliun yang berarti tumbuh 8,64% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Meskipun masih positif, namun pertumbuhan sektor pergudangan dan jasa penunjang angkutan, pos dan kurir pada triwulan ketiga tahun ini mengalami perlambatan pasca berlalunya permintaan barang untuk puasa dan lebaran.

Perbaikan harus terus dilakukan karena Indonesia memiliki sejumlah persoalan yang harus diselesaikan. Sektor logistik masih menjadi persoalan karena bisa terus untuk menggerus berbagai hal. Sektor ini juga bisa meningkatkan sejumlah indikator ekonomi karena banyak pihak yang terlibat di sektor ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun