Pesan Besar dari Jokowi Saat di KTT ASEAN

KTT ASEAN telah sukses diselenggarakan tahun ini dan Indonesia juga berpartisipasi khusus dalam hal ini Presiden RI, Joko Widodo mendorong penyelesaian terkait RCEP dalam waktu dekat. Saat ini negosisasi masih terus berlangsung dan nampaknnya tidak pernah mudah menemukan kesepakatan.

KTT ASEAN
KTT ASEAN
Dalam KTT ASEAN, Jokowi juga akan menyampaikan konsep Indo-Pasifik yang menempatkan Asia Tenggara dalam posisi yang strategis di antara Samudera Hindia dan Pasifik. Konsep ini menurut Retno telah dikonsultasikan Jokowi kepada negara lain baik itu di ASEAN maupun mitra ASEAN. "Bukan blok, tapi penguatan kerja sama. Di situ ada ekonomi, maritim, dan sebagainya," kata Retno. Selain itu persoalan Rohingya dan Palestina juga akan diangkat dalam pertemuan ini.

Sinyal positif dalam KTT ASEAN ini semoga bisa menjadi dorongan bagi Indonesia untuk terus dapat memanfaatkan banyak hal untuk kepentingan Indonesia. Bagaimanapun negara ini memiliki sejumlah potensi untuk terus menjadi yang terbaik di kawasan asia tenggara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun