Ekspor Nonmigas Selama 2018

Ekspor Nonmigas Indonesia mengalami perbaikan sepanjang 2018, meskipun belum sepenuhnya menjadi negara eksportir, namun berbagai hal sudah bisa dipetik hasilnya. Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor nonmigas ada banyak, dan salah satunya adalah Cina. Selain mengimpor barang dalam jumlah besar, hubungan dagang Indonesia-Cina juga membaik dengan makin besarnya porsi ekspor Indonesia ke negara tersebut.

Ekspor Nonmigas
Ekspor Nonmigas
Negara tujuan ekspor nonmigas terbesar Indonesia adalah Amerika Serikat dengan nilai US$ 16,9 miliar atau sekitar Rp 234,75 triliun dan diikuti Jepang dengan nilai US$ 15,5 miliar atau setara Rp 219,68 triliun di urutan ketiga. Sebagai informasi, nilai ekspor nonmigas Indonesia periode Januari-November 2018 mencapai US$ 150,15 miliar tumbuh 7,47% dari periode yang sama tahun sebelumnya hanya sebesar US$ 139,72 miliar.

Di 2019 nanti diharapkan produksi nasional akan terus digenjot. Dan beberapa hal mulai menjadi tantangan baru, ada beragam hal yang bisa menjadikan indonesia mampu mendulang keuntungan lebih tinggi dari sisi ekspor, dan tentunya pemerintah sedang mempelajari skema tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun