Saham Freeport di Indonesia

Saham Freeport akhirnya memiliki kejelasan yang baru setelah akhirnya pemerintah secara resmi membelinya dari Freeport. Hal ini ditegaskan melalui skema yang melibatkan banyak BUMN energi yang dalam hal ini yang menjadi pelopornya adalah Antam. Freeport memang menjadi hal yang terus hangat dibahas selama 10 tahun terakhir karena kontraknya yang mulai berakhir. Strategi pemerintah untuk menguasai sahamnya pun kini bisa dikatakan sukses.

Saham Freeport
Saham Freeport
Selain menjadi pemegang saham secara langsung, Inalum juga menjadi pemegang saham secara tidak langsung PTFI sebesar 15% melalui PTII. Jadi secara total Inalum menguasai 41,2% saham PTFI. Sebab Inalum merupakan pemegang 60% saham perusahaan patungan dengan Pemda Papua, yakni BUMD Papua yang merupakan pemegang 25% saham PTII. Sementara Pemerintah Kabupaten Mimika menjadi pemegang 7% saham PTFI dan Pemerintah Provinsi Papua sebesar 3%. Kepemilikan tersebut berasal dari BUMD Papua yang menjadi pemegang 40% saham PTII. Sementara pemegang saham BUMD Papua adalah Pemerintah Kabupaten Mimika sebear 70% saham dan Pemerintah Provinsi Papua sebesar 30%.

Dengan pembelian saham ini, diharapkan Indonesia akan mampu menikmati hasil tambang freeport lebih besar dari sebelumnya. Karena banyaknya cadangan yang dihasilkan di area ini membuat siapapun berhasrat untuk menguasai daerah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun