Tak Perlu Obat saat Suara Serak karena Batuk, Ini Solusinya

Suara serak yang kamu alami bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi hingga tumor maupun kanker. Namun, penyebab yang paling umum ialah laringitis alias radang tenggorokan yang ditandai dengan tenggorokan kamu kering, gatal, hingga terasa nyeri saat berbicara.

Suara Serak
Suara Serak
Kondisi ini memang sangat mengganggu. Tetapi, tahukah kamu bahwa kamu tidak perlu mengonsumsi obat apapun, apalagi meminum antibiotik untuk menyembuhkan laringitis yang menyebabkan suara kamu serak ini?

Ya, laringitis mayoritas disebabkan oleh virus sehingga antibiotik yang bertugas membunuh bakteri tidak akan mampu membunuh virus. Selain itu, karakter lain dari penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.
Meskipun demikian, ada langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pemulihan suara serak kamu. Berikut cara yang bisa kamu pilih:
-        
     Istirahatkan tenggorokan kamu dalam beberapa hari, misalnya dengan tidak berteriak-teriak. Jangan juga berbicara dengan cara berbisik karena itu justru akan memperberat kerja pita suara kamu.
-          Minum banyak cairan untuk membasahi tenggorokan dan meredakan gejala suara serak.
-          Hindari atau hentikan konsumsi alkohol dan kafein agar suara serak kamu tidak semakin parah.
-       
          Batasi atau hentikan merokok.
          
      Gunakan pelembab ruangan agar napas kamu lebih lega.
-          Mandi dengan air hangat juga bisa membuka jalan napas.
-          Jika kamu memiliki alergi, singkirkan alergen di sekitar kamu.
-          Kamu juga bisa mengunyah permen karet atau mengonsumsi permen pelega tenggorokan yang sekaligus bisa merangsang produksi air liur sehingga tenggorokan kamu lebih sering basah dan lembab.

Sebaliknya, jangan gunakan pelega pernapasan (dekongestan) untuk meredakan laringitis yang menyebabkan suara kamu serak. Tindakan itu hanya akan membuat tenggorokan kamu semakin kering sehingga suara serak kamu akan semakin parah.

Jangan juga terlalu sering berdeham. Itu akan membuat tenggorokan kamu bekerja ekstra keras sehingga menyebabkan peradangan yang kian parah.

Normalnya, suara serak akan pulih dengan sendirinya dalam kurun satu minggu. Tetapi, jika kondisi kamu tidak berubah, atau malah makin parah, setelah melakukan home treatment, segera hubungi dokter untuk mengecek apakah suara serak kamu menandakan masalah kesehatan yang lebih serius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun