Inilah Dosis dan Aturan Pakai Obat Metamizole yang Benar

Apa kamu tahu tentang obat metamizole? Mungkin kamu pernah mengonsumsinya atau cuma mendengarnya dari orang lain. Nah, metamizole adalah obat untuk mengobati rasa nyeri dan menurunkan demam. Obat ini bisa menghambat penyebab reaksi peradangan yang disebut dengan prostaglandin.

Metamizole
Metamizole
Metamizole dapat berbentuk tablet atau intravena. Adapun merk obat metamizole yang mungkin kamu temui, yaitu Antalgin, Anacof, Betalgin, Defalgin, Ginifar, Hufralgin, Mixalgin, Neurindo, Novalgin, Procolic, Selesgin, Trovinal, dan masih banyak lagi. Obat ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak (di atas 3 bulan) maupun dewasa. Namun, pastinya kamu harus mengikuti resep dokter untuk menggunakan obat ini ya!

Dosis Metamizole

Dosis obat metamizole yang diberikan tergantung pada kondisi medis kamu. Setiap orang mungkin memiliki dosis yang berbeda. Kalau melalui intravena, maka dosis obat diberikan sebanyak:
     Dewasa: Maksimal 5 gram/hari dengan takaran 1 gram diberikan 4 kali sehari atau 2,5 gram diberikan 2 kali sehari.
     Anak-anak: Berdasarkan berat badan dan diisesuaikan dengan petunjuk produk.

Intravena biasanya diberikan untuk demam dan nyeri hebat. Sementara, obat oral diberikan untuk demam dan sakit parah. Dosis yang diberikan untuk obat oral, yaitu:
     Dewasa: Maksimal 4 gram/hari dengan takaran 0,5-1 gram diberikan 3-4 kali sehari.
     Anak-anak: Berdasarkan berat badan, dan disesuaikan dengan petunjuk produk. Namun, yang dianjurkan yaitu 8-16 mg/kg berat badan.

Aturan Pakai Metamizole yang Benar
Kalau kamu akan menggunakan metamizole, maka kamu harus mengikuti aturan pakainya dengan benar. Jangan sampai kamu keliru sehingga memperburuk keadaan kamu. Berikut bisa kamu ikuti aturan pakai metamizole yang benar:
     Sebelum menggunakan obat metamizole, bacalah petunjuk di kemasan produk atau ikuti saran dari dokter.
     Konsumsilan obat oral metamizole dengan makanan.
     Obat intravena metamizole harus diberikan oleh dokter atau perawat untuk disuntikan langsung ke pembuluh darah kamu.
     Segera beri tahu dokter kalau kondisi kamu tidak juga membaik atau bahkan malah semakin buruk.

Dalam menggunakan obat apa pun, tentunya kamu harus memerhatikan aturan pakai yang ada agar manfaat dari obat tersebut bisa segera kamu dapat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun