Makanan Tinggi Protein Bagi Vegetarian

Tahun-tahun belakangan ini, dengan makin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat, aneka tren pola makan sehat atau tren diet pun berkembang. Salah satunya pola makan vegetarian atau mereka yang tidak lagi mengonsumsi daging serta produk-produk dari hewan. Karena daging dan aneka produk hewani termasuk makanan tinggi protein, timbul kekhawatiran apakah mereka yang tidak lagi makan daging akan bisa mencukupi kebutuhan proteinnya.

makanan tinggi protein
makanan tinggi protein
Perlu diingat, kebutuhan protein masing-masing orang akan berbeda tergantung dari faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, berat badan, status kesehatan, kegiatan fisik dan massa ototnya. Namun begitu, ada rekomendasi umum yang bisa dijadikan patokan, bagi perempuan dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi protein sebanyak 0.75 gram per kilogram berat badan dan bagi laki-laki dewasa direkomendasikan mengonsumsi 0.84 gram protein per kilogram berat badan.

Sebagai contoh, perempuan dengan berat badan 50 kg akan butuh 37.5 gram protein per hari dan laki-laki dengan berat badan 70 kg akan butuh 58.8 gram protein tiap harinya.
Untungnya bagi mereka yang menganut pola makan vegetarian, masih banyak makanan tinggi protein yang tidak berasal dari daging hewan atau produk-produk hewani. Beberapa pilihan makanan tinggi protein nabati antara lain:

Tempe dan tahu

Makanan rakyat Indonesia ini termasuk sumber protein yang sangat baik untuk menggantikan daging. Dalam tiap 100 gram tempe atau tahu terkandung protein sebanyak 10 sampai 20 gram. Selain mudah didapat, harganya relative murah, tempe dan tahu juga mudah diolah menjadi aneka hidangan serta cocok dipadukan dengan aneka sayuran.

Edamame

Cocok sebagai camilan sekaligus sumber protein. Hampir sama dengan tempe dan tahu, dalam sajian 100 gram edamame terkandung protein sebanyak 10 sampai 20 gram. Selain protein, edamame juga juga kaya kandungan folat.

Brokoli

Dalam satu kuntum brokoli ukuran sedang, terkandung sekitar 4,3 gram protein. Bonusnya, brokoli juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K dan tentu saja serat.

Kacang hijau

Dalam seperempat cangkor kacang hijau kering terkandung kira-kira 12 gram protein. Selain diolah jadi bubur kacang hijau yang cenderung manis, kacang hijau juga lezat dimasak menjadi sup yang gurih.

Susu kedelai

Bagi vegetarian yang sudah tidak mengonsumsi produk-produk susu hewani, susu kedelai bisa jadi alternative sumber protein. Secangkir susu kedelai tanpa pemanis mengandung sekitar 10 gram protein.

Aneka kacang

Serupa dengan edamame, kacang bisa jadi pilihan camilan penambah asupan protein karena dalam seperempat cangkir aneka kacang bisa terkandung 8 gram protein. Apalagi kacang banyak macamnya, dari kacang tanah, kacang almond, kacang pistachio dan sebagainya sehingga tidak akan menjadi menjadi camilan yang membosankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun