Efektifkah Pasta Gigi Khusus Gigi Ngilu?

Berbagai iklan pasta gigi untuk mengatasi gigi ngilu akibat gigi sensitif sudah banyak beredar di televisi dan media massa lainnya. Produknya pun dapat dengan mudah kamu jumpai di supermarket, minimarket, hingga warung dekat rumah.

Gigi Ngilu
Gigi Ngilu


Memang benar pasta gigi itu efektif meredakan gigi ngilu akibat gigi sensitif?

Gigi kamu dikatakan sensitif jika secara fisik kondisinya terlihat baik-baik saja, dalam arti tidak berlubang, tidak bengkak, dan tidak terasa nyeri. Namun, gigi akan terasa ngilu ketika kamu melakukan hal-hal sederhana, misalnya menyikat gigi, mengonsumsi makanan panas, maupun meminum minuman dingin.

Asosiasi Dokter Gigi Amerika Serikat (ADA) merekomendasikan beberapa perawatan yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter gigi. Salah satu rekomendasinya ialah menggunakan pasta gigi khusus untuk meredakan ngilu pada gigi sensitif.

Apakah pasta gigi khusus itu efektif?

Bagi kamu yang pernah menjajal pasta gigi ini, jawaban dari pertanyaan di atas mungkin bervariasi. Ada sebagian orang yang cocok dengan pasta gigi khusus merk tertentu, ada pula yang sudah mencoba semuanya, tapi masih tetap merasakan ngilu di gigi.

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif biasanya memang efektif mencegah timbulnya rasa nyeri akibat sensitivitas gigi. Pasta gigi ini bekerja dengan cara menahan respons rasa nyeri di permukaan gigi agar tidak sampai ke saraf gigi.

Meski demikian, untuk merasakan manfaat ini, kamu perlu menggunakannya beberapa kali. Tetapi, jika kamu tidak juga merasakan efeknya bahkan ketika satu tube sudah habis, maka saatnya kamu beralih pada cara lain untuk mengatasi gigi ngilu akibat gigi sensitif.

Apa saja cara lain untuk meredakan gigi ngilu?

Terdapat setidaknya tiga alternatif jika gigi ngilu kamu tidak juga teratasi dengan pasta gigi khusus, yakni:
- Fluoride berbentuk gel: fluoride ini akan dioleskan oleh dokter pada gigi yang sensitif untuk menguatkan ename (lapisan terluar gigi) sekaligus membantu mengurangi rasa ngilu.
- Bahan pengurang sensitivitas: jika gigi sensitif yang kamu rasakan disebabkan oleh terbukanya akar gigi, dokter akan mengoleskan bahan desensitivitas yang biasa digunakan untuk menambal gigi ke permukaan gigi yang sensitif.
- Cangkok gusi: jika terbukanya bagian akar gigi disebabkan oleh bergesernya posisi gusi, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi cangkok gusi untuk meredakan ngilu.
- Perawatan saluran akar: jika cara-cara di atas tidak ada yang mempan, maka satu-satunya jalan yang tersisa untuk meredakan gigi ngilu hanyalah perawatan saluran akar.
Gigi ngilu memang bisa diredakan sendiri. Tetapi, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan solusi terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun