5 Obat Alami Sakit Gigi dan Cara Pencegahannya

Pernahkah Anda merasakan sakit gigi yang tidak tertahankan? Sebagai pertolongan pertama dari sakit gigi, berikut adalah obat alami untuk mengatasi sakit gigi secara sementara, sebelum ditangani lebih lanjut oleh dokter gigi.

Sakit Gigi
Sakit Gigi


Obat Alami Sakit Gigi

Kumur Air Garam
Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, lalu kumur menggunakan air tersebut. Air garam dapat membantu mengurangi radang dan menyembuhkan luka pada mulut. Selain itu air garam juga dapat menjadi disinfektan mulut yang alami.

Kompres Dingin
Sakit gigi, terutama yang disebabkan oleh gusi bengkak, dapat dikurangi dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin membantu menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah sehingga dapat menimbulkan rasa baal, mengurangi bengkak, dan juga radang.

Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sering dipakai untuk mengurangi sakit gigi. Minyak cengkeh dapat mengurangi sakit dan peradangan. Bubuhkan sedikit minyak cengkeh pada sebuah kapas, lalu tempelkan ke gigi yang sakit. Minyak cengkeh juga dapat dilarutkan ke segelas air untuk digunakan sebagai obat kumur.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung allicin, yaitu suatu senyawa yang dapat membantu melawan infeksi. Anda dapat menghancurkan sedikit bawang putih, lalu meletakkannya pada gigi yang sakit. Atau, Anda juga dapat mengunyah bawang putih secara langsung.

Teh Peppermint
Teh pepermint dapat mengurangi rasa nyeri. Menthol yang terkandung di dalamnya juga mampu bekerja sebagai antibakteri. Seduh teh pepermint, lalu Anda dapat menggunakannya untuk berkumur. Kantung tehnya yang hangat juga bisa ditempelkan langsung ke gigi yang sakit. Jika Anda memiliki minyak peppermint, teteskan minyak tersebut pada sebuah kapas, lalu tempelkan ke gigi yang sakit.

Mencegah Sakit Gigi
Selain mengobati, tindakan pencegahan terjadinya sakit gigi juga perlu dilakukan, yaitu dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan cara-cara berikut:

  1. Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur
  2. Kurangi asupan makanan atau minuman yang bergula
  3. Gosok gigi setidaknya 2x sehari, dengan pasta gigi ber-fluoride
  4. Bersihkan gigi menggunakan benang gigi setiap hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun