Potensi Bahaya Terkait Kaget Saat Tidur

Apakah anda pernah mengalami mimpi anda jatuh dari ketinggian? Kemudia mimpi tersebut menyebabkan anda kaget dan bangun secara mendadak dari tidur anda? Mungkin anda sedang mengalami kondisi yang dinamakan sebagai hypnic jerk.

Kaget Saat Tidur
Kaget Saat Tidur
Hypnic jerk adalah salah satu variasi dari gejala yang dinamakan sebagai mioklonus. Hypnic jerk terjadi pada saat otot-otot tubuh mengalami kontraksi atau menegang secara mendadak pada saat kita sedang tidur. Ada beberapa kondisi mioklpnus yang terjadi pada saat kita sadar, yaitu cegukan akibat kontraksi tiba-tiba dari otot diafragma.

Penyebab hypnic jerk belum dapat diketauhi secara pasti dan konidisi dapat terjadi pada siapa saja meskipun orang tersebut tidak memiliki riwayat penyakit apapun. Kondisi hypnic jerk atau kaget saat tidur dialami oleh kurang lebih 50% orang dewasa. Meskipun, bayi dan anak-anak juga dapat mengalami hypnic jerk faktor-faktor penyebab hypnic jerk lebih mudah ditemukan pada orang dewasa ketimbang bayi dan anak-anak.

Faktor-faktor penyebab hypnic jerk

1. Kecemasan dan stres
Rasa cemas dan stres membuat otak terjaga tetap aktif, dan terbawa hingga saat kita tidur. Hal ini menyebabkan tubuh kita menjadi lebih waspada dan mudah terbangun secara tiba-tiba, akibat sinyal yang dikirim oleh otak.

2. Stimulan
Beberapa zat stimulan seperti kafein dan nikotin, dapat menyebabkan tubuh terus terjaga dan mencegah terjadinya tahapan tidur yang lebih dalam.

Tanpa kita sadari, zat-zat tersebut ada di dekat kita seperti teh dan kopi yang mengandung kafein dan rokok yang mengandung nikotin.

3. Olahraga
Olahraga memang baik untuk tubuh kita. Namun, olahraga yang dilakukan menjelang waktu tidur, malah menyebabkan sulit tidur.

4. Kurang tidur
Hypnic jerk dihubungkan dengan kebiasaan kurang tidur. Selain itu, hypnic jerk yang berulang, juga dapat menyebabkan timbulnya gangguan tidur atau insomnia kronis.

Apakah hypnic jerk berbahaya?

Apakah harus khawatir jika pernah mengalami hypnic jerk? Hypnic jerk merupakan fenomena natural dari tubuh kita, dan bukan merupakan tanda-tanda penyakit tertentu. Namu perlu diingat, apabila hypnic jerk mengganggu kualitas tidur dan menimbulkan kecemasan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Sebelum datang ke dokter, alangkah baiknya apabila Anda telah membuat jurnal tidur yang dapat digunakan dokter untuk mengevaluasi pola tidur Anda. Selalu ceritakan masalah yang terjadi atau mengganggu pikiran Anda, supaya penyebab yang mendasari hypnic jerk dapat dievaluasi dan ditangani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Akhirnya Harga BBM Shell Turun

Perdagangan Bebas Eropa Akhirnya Diteken