Mata Ikan Bisa Dihilangkan, Begini Caranya

Pernahkah kamu melihat ada seperti kutil atau daging putih kasar yang tumbuh di telapak kakimu? Yup, seratus buat kamu! Inilah yang disebut sebagai mata ikan. Apa sebenarnya penyebab mata ikan ini, bagaimana gejalanya, apa bedanya dengan kapalan serta bagaimana cara pencegahan mata ikan Yuk simak artikel berikut.

Penyebab Mata Ikan
Penyebab Mata Ikan
Penyebab mata ikan dan cara penularannya

Mata ikan disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma (virus HPV). Mendengar nama virus HPV, pasti yang terbayang di pikiran adalah kanker serviks. Namun tenang, mata ikan tidak berpotensi menjadi kanker kok!

Mata ikan sangat menular, sehingga dapat ditularkan lewat sentuhan sekalipun. Kamu dapat mengalami mata ikan bila kamu menyentuh mata ikan seseorang.

Kamu juga dapat tertular mata ikan bila kamu menggunakan handuk atau baju yang sama dengan yang digunakan orang yang mengalami mata ikan.

Gejala mata ikan di telapak kaki dan bedanya dengan kapalan

Selain tumbuh di telapak kaki, mata ikan juga dapat tumbuh di tangan. Tapi bentuk mata ikan di telapak kaki dan tangan berbeda. Bila mata ikan tumbuh di kaki, bentuknya pipih atau datar akibat sering tertekan saat berjalan atau berdiri.

Secara umum mata ikan tidak menimbulkan gejala apa-apa, namun bila mata ikan terjadi di telapak kaki barulah timbul gejala karena sering tertekan saat berjalan atau berdiri.

Orang yang mengalami mata ikan di kaki seringkali mengeluhkan sensasi seperti menginjak batu

Karena bentuk dan warnanya yang mirip, orang-orang juga sering sulit membedakan mata ikan di telapak kaki dengan kapalan. Trik membedakannya adalah dengan menekannya. Mata ikan akan terasa sakit bila ditekan sedangkan kapalan tidak.

Cara mencegah mata ikan

Pasti kesal kan kalau punya mata ikan? Nah, biar nggak terlanjur kena, lebih baik mencegahnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah mata ikan di kaki:
·         Hindari menyentuh mata ikan orang lain.
·         Bila kamu melakukan perawatan pedicure di salon, pastikan orang yang melakukannya tidak menggunakan alat pedicure yang sama dengan orang lain.
·         Kalau kamu sudah terlanjur memiliki mata ikan di telapak kaki, ada baiknya selalu menjaga area kaki tetap kering agar tidak menyebar ke bagian kulit lain.
Semoga artikel ini berguna ya biar kamu terhindari dari mata ikan yang super nyebelin itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Akhirnya Harga BBM Shell Turun

Perdagangan Bebas Eropa Akhirnya Diteken