Mengatasi Radang Gusi Secara Alami

Radang gusi atau gingivitis adalah infeksi bakteri pada gusi yang menyebabkan gusi menjadi bengkak dan kemerahan. Gusi yang bengkak, mudah berdarah, dan nyeri, tentunya membuat radang gusi tidak nyaman.

Radang Gusi
Radang Gusi


Cara Alami Menangani Radang Gusi

Untuk mengatasi radang gusi, berikut pertolongan pertama untuk radang gusi yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1.      Berkumur Air Garam

Air garam bekerja seperti disinfektan dan dapat mengurangi peradangan. Selain itu, air garam juga mampu mengurangi nyeri, menghilangkan sisa makanan, dan mengatasi napas bau.

Berikut adalah cara menggunakan air garam untuk mengatasi radang gusi:
-          Campurkan ½ - ¾ sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat
-          Kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik, lalu buang
-          Ulangi 2-3 kali sehari

2.      Berkumur dengan Obat Kumur Buatan Sendiri

Ada beberapa obat kumur yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk membantu mengatasi radang gusi. Beberapa bahan obat kumur yang direkomendasikan, yaitu minyak sereh, lidah buaya, minyak pohon teh, sage, dan daun jambu.

·         Minyak Sereh

Larutkan 2-3 tetes minyak sereh ke dalam air. Kumur larutan tersebut lalu buang. Ulangi 3 kali sehari.

·         Lidah Buaya

Getah lidah buaya yang asli tidak perlu dilarutkan dan dapat digunakan secara langsung untuk berkumur. Lakukan 2-3 kali per hari.

·         Minyak Pohon Teh/Tea Tree Oil

Tambahkan 3 tetes minyak pohon teh ke dalam 1 cangkir air hangat, kumur selama 30 detik, lalu buang. Ulangi 2-3 kali per hari. Anda juga dapat menambahkan 1 tetes minyak ke pasta gigi Anda saat menyikat gigi.

·         Daun Sage

Didihkan 1-2 cangkir air, lalu tambahkan 2 sendok makan daun sage segar atau 1 sendok teh daun sage kering. Biarkan 5-10 menit, lalu saring dan tunggu dingin. Anda bisa menggunakan larutan ini untuk berkumur.

·         Daun Jambu

Tumbuk 5-6 helai daun jambu, lalu campurkan dalam 1 cangkir air mendidih, biarkan selama 15 menit lalu saring. Kumur dengan larutan ini selama 30 detik, lalu buang.

Jika radang gusi sudah menyebabkan rasa sakit yang berat, napas bau, gusi terus berdarah, dan gusi bengkak, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi agar bisa segera ditangani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Akhirnya Harga BBM Shell Turun

Perdagangan Bebas Eropa Akhirnya Diteken