Obat Sakit Kepala Sebelah, Cara Modern dan Tradisional

Migren atau sakit kepala sebelah adalah rasa sakit yang berdenyut pada salah satu sisi kepala, terkadang disertai juga dengan mual, muntah dan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Obat sakit kepala sebelah yang digunakan sebenarnya bukan bertujuan menyembuhkan migren, tetapi untuk menghilangkan gejalanya atau untuk mencegah serangan migren.

Obat Sakit Kepala Sebelah
Obat Sakit Kepala Sebelah
Serangan migren ada beberapa jenis, yaitu migren dengan aura di mana sebelum rasa sakit berdenyut datang, penderitanya seperti melihat semacam kilatan cahaya atau garis zigzag. Kemudian ada migren tanpa aura yang paling sering terjadi, yaitu serangan migren datang tiba-tiba tanpa tanda tertentu. Terakhir adalah aura migren tanpa sakit kepala, yaitu ketika penderita merasakan gejala seperti melihat cahaya tetapi tidak mendapat serangan sakit kepala sebelah.

Penyebab seseorang menderita migren tidak diketahui secara pasti. Diduga, migren muncul sebagai hasil dari perubahan kimia pada saraf dan pembuluh darah otak.

Pemicunya bisa jadi perubahan hormone seperti migren yang datang sebagai sindrom pra-menstruasi, stress dan kelelahan, atau karena mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Terlalu lama melihat cahaya terang, layar yang berkedip seperti computer dan tayangan televisi juga bisa memicu serangan migren.

Banyak penderita migren mengandalkan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas sebagai obat sakit kepala sebelah, misalnya jenis analgesik seperti acetaminophen atau anti inflamasi seperti ibuprofen, aspirin, antalgin.

Pada orang-orang yang menderita migren kronis dan yang frekuensi serangan migrennya terjadi lebih dari satu kali per minggu, sebaiknya memang mencoba obat-obatan yang tujuannya mencegah serangan migren terjadi alias terapi preventif.

Serangan migren umumnya bisa dicegah dengan obat-obat tekanan darah, beberapa jenis obat antidepresan, juga beberpa jenis obat anti kejang.

Untuk melengkapi penggunaan obat sakit kepala sebelah, mungkin bisa dicoba pendekatan pengobatan alami seperti akupresur yang menekan titik-titik tertentu di tubuh dengan jari untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Mengatasi sakit kepala sebelah dan mual bisa dilakukan dengan menekan titik PC6 yang terletak tiga jari dari pergelangan tangan pada lengan bawah bagian dalam.

Tekanan pada titik LI-4, yaitu  daerah di pinggir telapak tangan di antara jempol kiri dan jari telunjuk, dapat mengurangi rasa sakit kepala sebelah. Tekanlah titik-titik tersebut dengan tekanan yang tidak terlalu keras selama lima menit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun