Apa Penyebab Utama Penyakit Polio

Setiap tanggal 24 Oktober, masyarakat dunia bersama-bersama memperingati Hari Polio Dunia. Dengan diciptakannya hari tersebut, menunjukkan bahwa penyakit ini termasuk salah satu momok yang harus diketahui oleh masyarakat global. Bagimu yang kelak menjadi orangtua, seberapa luas pengetahuanmu mengenai penyebab penyakit polio serta bahayanya bagi anak-anak?

Penyakit Polio
Penyakit Polio
Dikenal pula sebutan poliomielitis, polio merupakan penyakit yang mudah menular. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat menyerang sistem saraf manusia. Terjangkit penyakit polio dapat memicu kelumpuhan pada penderitanya.

Siapa saja yang rentan terjangkit polio?

Sebagaimana yang mungkin telah kamu ketahui, anak-anak berusia di bawah lima tahun merupakan kelompok yang paling mudah terinfeksi virus polio. Demikain pula dengan ibu hamil serta orang-orang dengan sistem kekebalan imun yang rendah, seperti Orang Dengan HIV & AIDS (ODHA).

Asia Tenggara, termasuk Indonesia di dalamnya, boleh dibilang telah bebas dari penyakit polio. Walau begitu, bukan berarti penyakit ini tidak mungkin kembali muncul. Kamu tetap harus memahami apa itu polio; termasuk penyebabnya serta bagaimana penularannya.

Penularan virus polio

Virus polio berpindah melalui kontak dengan kotoran atau feses yang telah terinfeksi virus tersebut. Manusia dapat tertular ketika melakukan kontak, misalnya tidak sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang tercemar oleh feses yang sudah terkontaminasi virus polio. Tidak hanya makanan, benda dan objek yang berada dekat dengan sumber infeksi juga dapat menyebarkan virus berbahaya ini.

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah penularan virus polio adalah dengan vaksinasi. Ada dua jenis vaksin yang digunakan dalam pencegahan penyakit polio:
·         Virus Polio Inaktif (IPV) yang mengandung virus polio yang tidak aktif. Merupakan suntikan yang pada umumnya mulai diberikan kepada bayi berumur dua bulan.
·       
Vaksin Polio Oral (VPO). Vaksin ini dibuat dari virus polio yang dilemahkan.
Selain vaksinasi, hal-hal lain untuk mencegah penularan virus polio adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh, menggunakan masker saat bepergian, serta menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun