Ketimpangan Pengeluaran Mana yang Paling Dominan?

Ketimpangan Pengeluaran penduduk selalu berhubungan dengan tingginya daya beli dari masyarakat itu sendiri. Dalam empat tahun pemerintahan Jokowi-JK. BPS mencatat angka ketimpangan nasional yang diukur dengan Gini rasio pada Maret 2018 berada di level 0.389 yang berarti turun 0,025 poin dari posisi 0,414 pada September 2014.

Ketimpangan Pengeluaran
Ketimpangan Pengeluaran
Turunnya tingkat ketimpangan pengeluaran tersebut dipengaruhi oleh kenaikan rata-rata pengeluaran perkapita per bulan penduduk kelompok 40% terbawah lebih cepat dibanding dengan penduduk kelompok 40%  menengah maupun kelompok 20% teratas. Jelas perbaikan ini perlu untuk terus ditingkatkan karena dengan semakin tingginya anggaran dan pembangunan yang tercipta di era sekarang, maka kesejahteraan akan lebih merata dengan berbagai macam cara pemerintah dalam memberdayakan masyarakatnya.

Indonesia memiliki sejumlah peluang untuk terus memperkuat diri sebagai negara yang besar baik dalam hal sumber daya alam maupun dari kemampuan masyarakat dalam mengonsumsi sesuatu. Semuanya harus selaras memiliki keseimbangan yang baik juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun