Akibat Letusan Gunung Soputan Sembutran Abu Meninggi

Gunung Soputan Telah Meletus dan menghembuskan Semburan Abu vulkanik yang mencapai tinggi 4 Kilometer diatas puncak kawah.Gunung Soputan adalah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupeten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Meski menyemburkan abu vulkanik setinggi 4 Kilometer atau setinggi 5.809 Meter jika dilihat dari atas permukaan laut tidak mengganggu berbagai akivitas penerbangan di sekitarnya.
Gunung Soputan

Sutopo Purwo Nugroho Seorang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menyatakan bahwa Gunung Soputan Meletus pada Puul 08.47 WITA.PVMBG (Pos Pengamatan Gunung Soputan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) juga melaporkan bahwa erupsi Gunung Soputan ini terekam di seismogram dengan nilai aplitudi maksimum 39 milimeter dan dengan durasi kurang lebih 6 menit.

BPBD atau badan penanggulangan Bencana Daerah sampai saat ini masih melakukan pemantauan. Hasil pemantauan terakhir menunjukan bahwa sejauh ini dampak dari meletusnya Gunung Soputan belum ada laporan. Untuk sementara ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah membagikan masker kepada asyarakat sekitar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rupiah Perkasa Tingkatkan Ekonomi Negeri

Tol Cisumdawu Diperkirakan Selesai 1 Tahun Lebih Cepat

Akhirnya Harga BBM Shell Turun