Berita Aktual Indonesia

Membahas berita ekonomi, bisnis dan usaha mikro

Ini Empat BUMN Yang Siap Beli Saham Freeport

Dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dirasa kurang mampu untuk bisa membeli saham divestasi PT Freeport Indonesia. Kementerian BUMN menambah jumlah perusahaan yang akan terlibat untuk membeli saham tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pihaknya telah membentuk tim dari empat perusahaan negara yang bergerak di bisnis mineral dan batu bara. Keempat BUMN tersebut adalah Aneka Tambang (Antam), Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Bukit Asam (Persero) Tbk, dan PT Timah (Persero) Tbk.


Pembentukkan tim ini untuk mensinergikan dan menyatukan kekuatan terkait divestasi saham PT Freeport Indonesia. Salah satunya adalah melakukan kajian dan evaluasi kemampuan BUMN membeli saham divestasi Freeport Indonesia.

“Kami sebagai BUMN melihat potensi tambang Freeport ini sangat besar. Makanya kami sangat berharap diberi kesempatan juga untuk membeli saham yang akan didivestasikan,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno di kantornya, Jakarta, Jumat (8/1).

Menurut dia Freeport sudah terikat perjanjian dengan pemerintah untuk melepas sebagian sahamnya kepada Indonesia. Dengan potensi tambang yang besar, akan semakin menguntungkan negara jika yang membeli sahamnya adalah BUMN.

Rini belum bisa memastikan berapa besar saham yang akan dilepas Freeport dan berapa kisaran harganya. Nilai aset yang berkaitan dengan harga sahamnya juga dipengaruhi oleh harga komoditas dari tambang Freeport. Salah satu hasil tambang Freeport yaitu tembaga, sedang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kemungkinan harga saham Freeport saat ini juga telah mengalami penurunan.

Selengkapnya: Beli Saham Freeport
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ini Empat BUMN Yang Siap Beli Saham Freeport"